Transmigran Tinggalkan Lokasi

Transmigran Tinggalkan Lokasi - Hallo sahabat Bimaprastyo Limbang Mulya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Transmigran Tinggalkan Lokasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel banyuasin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Transmigran Tinggalkan Lokasi
link : Transmigran Tinggalkan Lokasi

Baca juga


Transmigran Tinggalkan Lokasi



Rumah transmigran 1996 di 3 desa, Limbang Mulya, Pulau Muning, dan Sako Makmur, Kecamatan Banyuasin III mulai ditinggalkan penduduk setempat. Mata pencaharian mereka berkebun kelapa sawit hilang akibat tanaman mati ditinggalkan PT Sumber Harapan Sarana (SHS). Selain itu, lahan transmigran selalu digenangi banjir, akibatnya kesuburan tanah berkurang. Bahkan dibeberapa tempat, airnya menjadi asam, karena pengaruh zat asam tanah. Sebelumnya jumlah kepala keluarga (KK) di masing-masing desa mencapai 250 KK, namun kini di 3 desa rata-rata hanya 100 KK. ‘’Ada yang meninggalkan rumah hanya untuk mencari nafkah sampai setahun, ada yang berbulan-bulan dan bahkan ada juga yang tak kembali lagi,’’ ujar Kades Limbang Mulya Nahdlo Risqon Halala.



 Kebanyakan warga pergi, lanjutnya, untuk mencari makan dengan cara bekerja di perusahaan kebun sawit milik PT terdekat. ‘’Mereka merantau keluar desa, untuk menghidupi sanak keluarga sehari hari dengan jalan menjadi buruh perkebunan, padahal kalau tanah desa jatah dari pemerintah digarap bisa saja untuk sekedar makan sehari-hari," ujarnya. Mulya Darman, warga Desa Limbang Mulya mengatakan, tanah transmigran selalu terendam banjir. ‘’Penderitaan warga terus bertambah karena sawit yang menjadi jatah petani ditinggalkan PT SHS,’’ katanya. Camat banyausin III Drs H Indra Hadi membenarkan kondisi transmigrasi di tiga desa tersebut berkurang. ‘’Sebenarnya pernah dibahas ketiga desa untuk digabung menjadi 1 desa namun terkendala pada masyarakat yang tak menghendakinya," ujar Indra. (32)

sumeks


Demikianlah Artikel Transmigran Tinggalkan Lokasi

Sekianlah artikel Transmigran Tinggalkan Lokasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Transmigran Tinggalkan Lokasi dengan alamat link https://bimaprastyo.blogspot.com/2010/04/transmigran-tinggalkan-lokasi.html

0 Response to "Transmigran Tinggalkan Lokasi"

Post a Comment

.