Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita

Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita - Hallo sahabat Bimaprastyo Limbang Mulya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel banyuasin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita
link : Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita

Baca juga


Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita


Sejak diberangkatkan Tahun 1996 para transmigran Desa : Limbang Mulya. SP : 6. (EXTRANS) Kawasan Air Rengit. Kec : Banyuasin III Kab : Banyuasin. Sumatera Selatan. hingga saat ini yang berarti sudah 13 tahun berjalan ini pembangunan kebun PLASMA Trans Pir Kelapa sawit yang kami tunggu-tunggu tidak terwujut!, Terkecuali itu sejak tahun 2001 Desa kami mulai sering KEBANJIRAN dan sejak tahun 2004, Desa kami mulai benar-benar tenggelam Sampai pada saat ini. Sehingga kehidupan sosial ekonomi kami benar-benar sangat menderita.



Kami ditempatkan Di lokasi Pada tahun 1996 dengan pola Trans Pir Sus Kelapa Sawit. Tetapi pada pertengahan tahun 1997. PT Sumber Harapan Sarana (SHS) BANGKRUT.

Dan sampai saat ini Belum ada P.T lain penggantinya. Yang padahal aktifitas adalah satu-satunya sumber ekonomi kami dengan cara kami berkerja sebagai Buruh Harian Lepas (B.H.L) pada P.T yang membangun perkebunan, tetapi sejak P.T Bangkrut kami selalu berusaha TANI walaupun sering gagal dan merugi, adapun masalahnya dalam kami bertani adalah saking kurangnya permodalan dan terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM).




Usaha mengusulkan agar ada P.T lain sudah tidak terhitung lagi, Tetapi hasilnya selalu kami disuruh sabar menunggu tanpa ada pangkal dan ujungnya,yang selanjutnya di tahun 2001 wilayah desa kami mulai sering datang banjir akibat jebolnya salah satu pintu air yang terkena tendangan pasang lumpur dari sungai, adapun adapun mslh pintu air yang rusak itu pun juga menunggu nunggu perbaikan kalau ada PT penganti SHS, padahal hanya dari salah satu pintu air dari kelima pintu yang ada itu yng tidk berfungsi, dan setiap bulan agustus dan bulan nopember di wilyaah kami sering pasang lumpur, maka napigasi (BUANGAN UTAMA) arah pintu dan primer penampun dari SKK mulai mendangkal sedikit demi sedikit. Adapun permasalahanya lumpur yang masuk ke napigasi dan primer pada saat pasang, di saat surut lumpurnya tidak terbawa, akibatnya di tahun 2004 wilayah dalm desa kami benar-benar tenggelam oleh Air dan usaha tani kami pun macet total! Karena kondisi air tidak kunjung menurun malahan semakin meninggi, Adapun rumah-rumah kami yang kayu dan papan nya mulai lapuk-lapuk, terpaksa kami bongkar dan pindah di pinggiran TANGGUL ( pembatas desa sebelah selatan). Akan tetapi akhir-akhir ini punsetiap musim penghujan tiba, yang kami semua sudah pindah di pinggiran tanggul pun sering terancam oleh banjir.

Sejak desa mulai banjir kehidupan social kami semakin bobrok dan keberadaan warga semakin mengurang, masalahnya tidak ada lapangan usaha yang dapat di andalkan untuk bertahan hidup di lokasi,yang keluar lokasi banyak yang menumpang tani sayur di tanah tanah kosong milik orang lain yan belum di usahan oleh yang empunya. Banyak juga yan kerja ikut PT keluar daerah sebagai buruh harian lepas dan bermacam macam mencari solusi EKONOMI masing-masing dengan harapan sambil menunggu DESA nya atau ada INVESTOR yang membangun kebun plasmanya kembali. Adapun yang masih menetap di lokasi usaha ekonominya mencari upahan apa saja sedapatnya ke desa lain yang sudah jadi, seperti : Air Batu atau Sungai Rengit itu pun tidak menentu, terkadang mendapat terkadang pulang dangan tangan kosong (TIDAK DAPAT APA APA).



Pada garis besarnya kami semua TERTIPU dan TERJERUMUS Oleh program TRANS PIR SUS KELAPA SAWIT di daerah asal, yang katanya akan meningkat kan taraf hidup tetapi’ yang sudah dan kami jalani sampai 13 tahun berjalan ini justru terperosok kejurang kenistaan yang sangat dalam dan sangat menyengsarakan rakyat. Dan kami sebagai rakyat sangat kecewa kepada pihak transmirasi yan kurang rasa tanggung jawab terhadap aspek kehidupan ekonomi warga yang di pindahkan ke kawasan AIR RENGIT kususnya yang di UPT 6 Desa limbang mulya, karena PT. SHS pelaksan proyek bangkrut dan macet sejak tahun1997, kami-kami tidak di berikan sumber lapangan kerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga kami sehari hari, yang ada kami hanya disuruhnya sabar menunggu adanya PT. atau INVESTOR pengganti PT.SHS lagi, semestinya sejak P.T. Bangkrut warga jangan di terlantarkan seperti ini yang akibatnya pada saat ini keadaan warga serta ke beradaan Desa SNGAT KRITIS DI SEGALANYA


Demikianlah Artikel Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita

Sekianlah artikel Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita dengan alamat link https://bimaprastyo.blogspot.com/2009/09/desa-limbang-mulya-ribuan-transmigran.html

0 Response to "Desa Limbang Mulya, Ribuan Transmigran Menderita"

Post a Comment

.