Cara Menyulap Motor Menjadi Genset

Cara Menyulap Motor Menjadi Genset - Hallo sahabat Bimaprastyo Limbang Mulya, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menyulap Motor Menjadi Genset, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menyulap Motor Menjadi Genset
link : Cara Menyulap Motor Menjadi Genset

Baca juga


Cara Menyulap Motor Menjadi Genset


Limbang mulya - Selamat malam sobat, semoga pada malam yang sunyi sepi sendiri tiada seorangpun yang menemani anda selalu berbahagia, idih.. lebay... yak heheh. Oke langsung saja ketopik judul artikel diatas kali ini adalah cara menyulap motor menjadi genset, loh.. gimana caranya? nah makanya baca terus ya sampe selesai.

 Terinspirasi dari blognya mas diway kurniawan yang telah menjelaskan cara membuat generator dari sepeda motor, maka saya telah sukses mempraktekanya hanya bermodalkan motor jambrong kesayangan saya si Vega R dan sebuah travo 5 amper model CT bekas Amplifier yang sudah rusak. Karena didesa kami belum masuk PLN adapun listrik didesa kami adalah PLTD yang menyala dari jam 18:00wib sampai ke jam 22:30 wib, kebayangkan gimana susahnya maklum saya juga orang susah.

  Seperti kita ketahui bahwa semua motor apapun jenisnya terdapat alat yang dapat membangkitkan tenaga listrik untuk keperluan pada sepeda motor itu sendiri. Listrik dihasilkan dari kumparan / koil yang berhadapan dengan magnet yang berputar pada mesin. Ada tiga jenis kumparan / koil magnet. yang umum dipakai pada sepeda motor yaitu:

Koil pengapian: Koil ini berfungsi untuk memberikan listrik pada sistem pembakaran/penyalaan busi.

Koil pengisi battere / accu: Koil ini bertugas hanya untuk mengisi battere / accu.

Koil penerangan: Koil ini fungsinya memberikan arus listrik pada lampu depan dan lampu belakang sepeda motor anda.

 Melihat dari berbagai fungsi koil di atas yang mempunyai arus paling besar adalah koil untuk
penerangan lampu depan, karena seperti mas diway jelaskan diblognya lampu besar motor Honda Vario adalah
sekitar 2 x 25 Watt 12Volt bahkan mampu
dipasang lampu 2 X 35 W 12 Volt, belum lagi
ditambah lampu belakang sehingga rasanya
cukuplah daya sekitar 70 W, untuk jenis sepeda motor lainya yang menggunakan lampu tunggal mungkin saja dayanya tidak sama termasuk jambrong saya ini saya ga tau berapa Watt yang dihasilkanya, karena saya belum pernah mengukurnya yang jelas bisa menghidupkan lampu 4 biji masing-masing berdaya 20Watt berarti 80 Watt dong baru sadar.

Berikut cara menyulap motor menjadi genset.

 Disini saya contohkan memakai motor yamaha vega R, pertama bukalah body tengah motor, setelah terbuka ada disitu kabel body, kupas sedikit pembungkus kabel body motor cari kabel berwarna kuning yang ada warna garis merah ditengahnya, kabel tersebutlah yang
berhubungan dengan sistim kelistrikan lampu
depan sepeda motor anda. Karena listrik dari motor besarnya tegangan adalah 12 volt, sedangkan tegangan listrik rumah
sebesar 220 volt, untuk itu diperlukan sebuah
alat yang dapat menaikan tegangan 12 Volt
menjadi 220 Volt. Alat tersebut adalah
transformator / trafo ( step up – step down
transformer ). Jadi trafo inilah untuk
menaikan atau menurunkan tegangan sesuai
dengan keinginan kita.
Sediakan TRAFO minimal 5 Amper atau
lebih banyak kok dijual di toko
alat alat elektronika bisa juga travo bekas Amplifier seperti yang saya gunakan. Pada trafo terdapat tap untuk 0V( CT ), 9V, 12V, 25V dan seterusnya lalu ada juga tap 0, 110V, 220V. Hubungkanlah kabel dari sepeda motor yang warna kuning ada garis merahnya tadi( 12 volt ) ke tap 12V trafo sedangkan 0 (CT) pada trafo anda sambungkan ke body sepeda motor, Untuk 0 – 220V hubungkanlah ke lampu listrik 220V.

Taraaaa.. sudah jadi cuman gitu aja ko, sekarang silahkan dicoba hidupkan sepeda motor anda niscaya lampu 220V nya akan menyala. Aturlah putaran mesin hingga dihasilkan nyala lampu yang stabil / tidak berkedip dengan mengatur kekuatan gas pada karburator. Untuk konsumsi bensin lumayan irit loh +/- 1 liter pada pemakaian sekitar 6 jam. Supaya kinerja motornya ringan gunakanlah lampu elektronik hemat energi yang banyak dijual dipasaran.

Thanks mas diway.
Semoga bermanfaat.
Baca juga:
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang


Demikianlah Artikel Cara Menyulap Motor Menjadi Genset

Sekianlah artikel Cara Menyulap Motor Menjadi Genset kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menyulap Motor Menjadi Genset dengan alamat link https://bimaprastyo.blogspot.com/2014/09/cara-menyulap-motor-menjadi-genset.html

4 Responses to "Cara Menyulap Motor Menjadi Genset"

.